Sabtu, 08 September 2012

Kesederhanaan Yang Rendah Hati dan Kekayaan Kekayaan Yang Sombong

Suatu ketika di warung tegal yang ada di pinggiran jalan R.a Kartini Bandar Lampung..
Sebut saja nama nya Boss Jono dan Pak mahdi...

Mereka berdua adalah sahabat baik semenjak mereka di bangku SD,dan rumah mereka pun hanya berjarak beberapa langkah saja...Ok,Percakapan yang saya sempet menguping kurang lebihnya sebagai berikut :

Boss Jono  : Di,gimana bisnis loe?
Pak Mahdi : Bisnis opo to Jon,,Aku ini bisnis gagal terus e...
Boss Jono  : loe bisnis ga bisa menghitung peluang,asal ada yang menarik loe embat aja geh...dari 
                     dulu ga ada berubahnya loe...gimana loe mau kaya kayak guwa...

Pak mahdi :  Saya orangnya mah santay jon,,,walau terbilang aku kere tapi aku kece,,dan hidupku
                     ndak suram...aku ya selalu bersyukur terus,berapapun uang yang bisa aku pegang buat
                     menghidupi anak istri,,,ndak kayak sampeyan jon,berfoya-foya booking wanita terus.

Boss Jono  : Lha memang guwa punya semuanya to...mobil mewah,rumah mewah,perusahaan saya
                    punya,menang thender proyek sepanjang tahun...karna guwa pandai menghitung          
                    peluang jon peluaaanng ( teriaknya )....duwit mah cuy ga bakal dibawa mati....jadi ya 
                    selagi punya duwit banyak ya kita pake ajja semau kita ya ga?

Pak mahdi : Iya jon,sampeyan memang punya segalanya harta,kendaraan,perusahaan,ddlll...
                    Tapi ada satu kebahagiaan yang ga kamu punya kayak saya sebagai orang miskin jon...

Boss Jono  : Baahhh,,,apa itu lai?
                   
Pak Mahdi : Istri yang cantik dan anak-anak yang selalu membuat hari-hari kita bahagia.
                    (sembari tersenyum sabar)

Boss Jono  : Iya bener loe...anak dan istri yang cantik guwa ga punya.(terdiam dan merunduk)

Boss Jono memang orang yang termasuk memiliki segalanya,namun dia tidak memiliki kebahagiaan sebagai seorang usahawan sukses yang beristri cantik dan anak-anak sholeh.Dia mempunyai Istri yang jelek,boros,tak pandai merawat diri,buruk moral dan akidah...dan yang paling parah dia tidak memiliki keturunan..

Berbeda halnya dengan pak mahdi yang terkesan hidup sederhana dan penuh ketenangan serta kebahagiaan walau beliau tak bergelimangan harta...Dia mempunyai istri yang cantik dan 2 orang anak sholeh dan pintar...walau sebenarnya pak Mahdi kerjanya hanya buruh serabutan di perusahaan Boss Jono.

Dari cerita diatas kita juga bisa menyimpulkan bahwa ''KEKAYAAN ITU BUKANLAH SEGALANYA''....Kaya tapi tak beristri cantik,tak ada anak,sombong,tak suka bersodaqoh..itu bukan kaya namanya tapi menderita..namun sederhana tapi memiliki istri cantik,anak-anak,banyak teman karena cara bergaul yang menyenangkan itulah kebahagiaan sebenarnya....

''LEBIH BAIK PONDOK DARI BAMBU YANG PENUH DENGAN KECERIAAN ,,, DARI PADA RUMAH MEWAH YANG PENUH DENGAN KEMURAMAN'' (HORATIUS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar